Pengertian komunikasi bisnis
Kata komunikasi berasal
dari bahasa latin communico yang memiliki arti membagi. Dalam arti yang
lebih luas, membagi ide atau gagasan antara satu orang dengan orang lain.
Menurut Himstret et. al (2009) Komunikasi adalah proses pertukaran informasi
antar individu melalui suatu sistem, biasanya berupa simbol atau kode, isyarat
atau perilaku atau tindakan. Sedangkan menurut Bovee, (2014) Komunikasi adalah
proses pengiriman dan penerimaan pesan. Jadi biasanya komunikasi dipraktikkan
oleh dua orang atau lebih serta proses menyampaikan pesan juga bisa dilakukan
dengan lisan oleh seseorang atau secara verbal atau melalui bahasa tulisan atau
bahasa nonverbal.
Bisnis adalah suatu proses atau bentuk kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau industri yang menggabungkan para pelaku produksi untuk menghasilkan produk berupa barang atau jasa dengan suatu keuntungan yang diharapkan
atau aktivitas atau setiap
kegiatan atau usaha yang bertujuan untuk mencari keuntungan.
Komunikasi bisnis
merupakan setiap komunikasi yang dipergunakan untuk membangun kemitraan, sumber
daya intelektual dan mempromosikan ide, produk, pelayana atau sebuah organisasi
yang memiliki tujuan untuk menciptakan nilai bagi perusahaan yang dipimpinnya.
Komunikasi bisnis melibatkan pengetahuan menyeluruh tentang aspek internal
serta eksternal bisnis. Komunikasi internal meliputi komunikasi visi
(perusahaan), strategi, rencana, kultur atau budaya perusahaan, nilai dan
prinsip dasar yang terkandung dalam perusahaan, motivasi dan ide-ide karyawan,
dll. Komunikasi eksternal, termasuk branding, pemasaran, periklanan, hubungan
pelanggan, hubungan masyarakat, hubungan media, negosiasi bisnis, dll. Apapun
bentuknya, semua hal tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan
nilai bisnis.
Faktor-faktor
berikut dapat mempengaruhi efektivitas komunikasi bisnis antara lain:
1.
Perception
Faktor
ini mempunyai kaitan antara komunikator dengan komunikasi. Seorang komunikator
(menyampaikan pesan) seharusnya mempunyai kemampuan memprediksi melalui
berbagai persepsi yang memiliki keterkaitan dengan pesan yang akan disampaikan
agar dapat diterima serta dipahami oleh komunikan (penerima pesan).
2.
Information
and Technology Supporting
Faktor
pengetahuan yang semakin berkembang dan perkembangan teknologi merupakan faktor
yang dapat mempengaruhi efektifitas komunikasi bisnis. Setiap perusahaan
memiliki spesialisasi dalam sistem informasi teknis tingkat lanjut.
3.
Accuracy
Komunikasi
bisnis, ketepatan penyampaian informasi sangatlah penting. Setiap media
memiliki cara berpikir yang berbeda. Untuk menyampaikan informasi dengan baik,
medium harus mengungkapkan atau mengenali keadaan pikirannya.
4.
Credibility
Tingkat
kepercayaan terkadang relatif, tergantung situasi interaksi. Kepercayaan antara
komunikator dan komunikator harus dijaga. Komunikator harus percaya bahwa
komunikator dapat dipercaya sehingga komunikator juga akan tenang dan bertindak
dengan cara yang sama, yaitu. mempercayai media.
5.
Controlling
Faktor pengendalian dalam komunikasi bisnis juga merupakan komponen penting yang harus diperhatikan. Dalam suatu interaksi, medium pasti akan merespon pesan yang disampaikan. Itulah tugas seorang komunikator untuk dapat mengontrol respon komunikator.
6.
Compatibility
Hubungan yang baik antara komunikator dan komunikator diperlukan agar terjadi kecocokan. Komunikator yang baik selalu menumbuhkan kepercayaan dan hubungan yang baik dengan komunikator. Itu meningkatkan komunikasi.
Bentuk
dasar komunikasi
Pada
dasarnya komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis mencakup dua macam bentuk
komunikasi diantaranya komunikasi verbal serta nonverbal.
1.
Komunikasi
Verbal
Komunikasi
verbal adalah bentuk komunikasi untuk menyampaikan pesan bisnis kepada pihak lain,
baik tertulis maupun lisan. Komunikasi lisan ini memiliki struktur yang tertata
dan tertata dengan baik sehingga tujuan penyampaian pesan bisnis dapat tercapai
dengan baik. Dalam dunia usaha, beberapa contoh komunikasi verbal adalah menyampaikan
pesan melalui surat, memo, teknologi komunikasi modern, rapat manajemen, rapat
staf, wawancara kerja dan presentasi.
Komunikasi
bisnis yang efektif sangat bergantung pada kemampuan mengirim dan menerima
pesan. Secara umum, menulis atau berbicara dapat digunakan untuk menyampaikan
pesan bisnis, sedangkan mendengarkan dan membaca dapat digunakan untuk menerima
pesan bisnis.
2.
Komunikasi
Nonverbal
Berdasarkan
teori antropologi, sebelum menggunakan kata-kata, manusia menggunakan
komunikasi nonverbal dalam gerakan tubuh, bahasa tubuh body language sebagai
sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain. Contoh sederhana komunikasi
nonverbal sikap seseorang yang secara spontan mengerutkan kening, mengubah
ekspresi wajah atau berkedip tanpa sadar dan yang tidak pernah direncanakan
sebelumnya.
Contoh
lain adalah ketika Anda mendapat kabar bahwa anak kesayangan Anda satu-satunya
telah memenangkan juara pertama dalam kompetisi nasional atau internasional!
Bagaimana reaksi Anda saat itu? Bahagia bercampur emosi atau melihat ekspresi
wajah rekan-rekan Anda yang sedang menghadapi masalah, masalah atau senang atau
heboh.
Dalam
hal penyampaian pesan, komunikasi nonverbal lebih bersifat spontan daripada
komunikasi verbal. Sebelum seseorang menyampaikan sesuatu, biasanya seseorang
sudah memiliki rencana apa yang akan disampaikan. Ekspresi manusia, baik senang
maupun sedih, merupakan bagian dari komunikasi nonverbal.
Menurut
Thill dan Bovee dalam Excellence in Business Communications, komunikasi
nonverbal memiliki enam tujuan, yaitu:
- Memberikan informasi
- Mengatur alur percakapan
- Mengekspresikan emosi
- Memberi sifat, melengkapi, menentang, atau mengembangkan pesan-pesan verbal
- Mengendalikan atau mempengaruhi orang lain.
- Mempermudah tugas-tugas khusus
Referensi
Haryanto, T., Hidayah, A., & Alfalisyado. (2020). KOMUNIKASI
BISNIS Metode dan Implementasi. UM Purwokerto Press.
Rouly Pandjaitan, D. H., Driya Wiryawan, Ms. S., Jurusan
Manajemen, M., & Ekonomi Dan Bisnis, F. (2016). Komunikasi Bisnis (Modul
Ber-Isbn). 1–190. http://repository.lppm.unila.ac.id/2300/
0 komentar:
Posting Komentar