Blogroll

Kamis, 09 Februari 2023

KOMUNIKASI BISNIS



Pengertian komunikasi bisnis

Kata komunikasi berasal dari bahasa latin communico yang memiliki arti membagi. Dalam arti yang lebih luas, membagi ide atau gagasan antara satu orang dengan orang lain. Menurut Himstret et. al (2009) Komunikasi adalah proses pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistem, biasanya berupa simbol atau kode, isyarat atau perilaku atau tindakan. Sedangkan menurut Bovee, (2014) Komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan. Jadi biasanya komunikasi dipraktikkan oleh dua orang atau lebih serta proses menyampaikan pesan juga bisa dilakukan dengan lisan oleh seseorang atau secara verbal atau melalui bahasa tulisan atau bahasa nonverbal.

Bisnis adalah suatu proses atau bentuk kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau industri yang menggabungkan para pelaku produksi untuk menghasilkan produk berupa barang atau jasa dengan suatu keuntungan yang diharapkan atau aktivitas atau setiap kegiatan atau usaha yang bertujuan untuk mencari keuntungan.

Komunikasi bisnis merupakan setiap komunikasi yang dipergunakan untuk membangun kemitraan, sumber daya intelektual dan mempromosikan ide, produk, pelayana atau sebuah organisasi yang memiliki tujuan untuk menciptakan nilai bagi perusahaan yang dipimpinnya. Komunikasi bisnis melibatkan pengetahuan menyeluruh tentang aspek internal serta eksternal bisnis. Komunikasi internal meliputi komunikasi visi (perusahaan), strategi, rencana, kultur atau budaya perusahaan, nilai dan prinsip dasar yang terkandung dalam perusahaan, motivasi dan ide-ide karyawan, dll. Komunikasi eksternal, termasuk branding, pemasaran, periklanan, hubungan pelanggan, hubungan masyarakat, hubungan media, negosiasi bisnis, dll. Apapun bentuknya, semua hal tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan nilai bisnis.

Faktor-faktor berikut dapat mempengaruhi efektivitas komunikasi bisnis antara lain:

1.      Perception

Faktor ini mempunyai kaitan antara komunikator dengan komunikasi. Seorang komunikator (menyampaikan pesan) seharusnya mempunyai kemampuan memprediksi melalui berbagai persepsi yang memiliki keterkaitan dengan pesan yang akan disampaikan agar dapat diterima serta dipahami oleh komunikan (penerima pesan).

2.      Information and Technology Supporting

Faktor pengetahuan yang semakin berkembang dan perkembangan teknologi merupakan faktor yang dapat mempengaruhi efektifitas komunikasi bisnis. Setiap perusahaan memiliki spesialisasi dalam sistem informasi teknis tingkat lanjut.

3.      Accuracy

Komunikasi bisnis, ketepatan penyampaian informasi sangatlah penting. Setiap media memiliki cara berpikir yang berbeda. Untuk menyampaikan informasi dengan baik, medium harus mengungkapkan atau mengenali keadaan pikirannya.

4.      Credibility

Tingkat kepercayaan terkadang relatif, tergantung situasi interaksi. Kepercayaan antara komunikator dan komunikator harus dijaga. Komunikator harus percaya bahwa komunikator dapat dipercaya sehingga komunikator juga akan tenang dan bertindak dengan cara yang sama, yaitu. mempercayai media.

5.      Controlling

Faktor pengendalian dalam komunikasi bisnis juga merupakan komponen penting yang harus diperhatikan. Dalam suatu interaksi, medium pasti akan merespon pesan yang disampaikan. Itulah tugas seorang komunikator untuk dapat mengontrol respon komunikator.

6.      Compatibility

Hubungan yang baik antara komunikator dan komunikator diperlukan agar terjadi kecocokan. Komunikator yang baik selalu menumbuhkan kepercayaan dan hubungan yang baik dengan komunikator. Itu meningkatkan komunikasi.

Bentuk dasar komunikasi

Pada dasarnya komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis mencakup dua macam bentuk komunikasi diantaranya komunikasi verbal serta nonverbal.

1.      Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal adalah bentuk komunikasi untuk menyampaikan pesan bisnis kepada pihak lain, baik tertulis maupun lisan. Komunikasi lisan ini memiliki struktur yang tertata dan tertata dengan baik sehingga tujuan penyampaian pesan bisnis dapat tercapai dengan baik. Dalam dunia usaha, beberapa contoh komunikasi verbal adalah menyampaikan pesan melalui surat, memo, teknologi komunikasi modern, rapat manajemen, rapat staf, wawancara kerja dan presentasi.

Komunikasi bisnis yang efektif sangat bergantung pada kemampuan mengirim dan menerima pesan. Secara umum, menulis atau berbicara dapat digunakan untuk menyampaikan pesan bisnis, sedangkan mendengarkan dan membaca dapat digunakan untuk menerima pesan bisnis.

2.      Komunikasi Nonverbal

Berdasarkan teori antropologi, sebelum menggunakan kata-kata, manusia menggunakan komunikasi nonverbal dalam gerakan tubuh, bahasa tubuh body language sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain. Contoh sederhana komunikasi nonverbal sikap seseorang yang secara spontan mengerutkan kening, mengubah ekspresi wajah atau berkedip tanpa sadar dan yang tidak pernah direncanakan sebelumnya.

Contoh lain adalah ketika Anda mendapat kabar bahwa anak kesayangan Anda satu-satunya telah memenangkan juara pertama dalam kompetisi nasional atau internasional! Bagaimana reaksi Anda saat itu? Bahagia bercampur emosi atau melihat ekspresi wajah rekan-rekan Anda yang sedang menghadapi masalah, masalah atau senang atau heboh.

Dalam hal penyampaian pesan, komunikasi nonverbal lebih bersifat spontan daripada komunikasi verbal. Sebelum seseorang menyampaikan sesuatu, biasanya seseorang sudah memiliki rencana apa yang akan disampaikan. Ekspresi manusia, baik senang maupun sedih, merupakan bagian dari komunikasi nonverbal.

Menurut Thill dan Bovee dalam Excellence in Business Communications, komunikasi nonverbal memiliki enam tujuan, yaitu:

  •   Memberikan informasi
  •   Mengatur alur percakapan
  •   Mengekspresikan emosi
  •   Memberi sifat, melengkapi, menentang, atau mengembangkan pesan-pesan verbal
  •   Mengendalikan atau mempengaruhi orang lain.
  •   Mempermudah tugas-tugas khusus

Referensi

Haryanto, T., Hidayah, A., & Alfalisyado. (2020). KOMUNIKASI BISNIS Metode dan Implementasi. UM Purwokerto Press.

Rouly Pandjaitan, D. H., Driya Wiryawan, Ms. S., Jurusan Manajemen, M., & Ekonomi Dan Bisnis, F. (2016). Komunikasi Bisnis (Modul Ber-Isbn). 1–190. http://repository.lppm.unila.ac.id/2300/


 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com